Sudah Dihapus, Disdik Depok : Laporkan Jika Masih Ada SD yang Masih Lakukan Tes Calistung

Potret ilustrasi pembelajaran Calistung
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Tes membaca, menulis dan berhitung (Calistung) saat siswa PAUD daftar ke Sekolah Dasar (SD) saat ini sudah dihapus, hal tersebut dikatakan Kepala Kurikulum dan Penilaian SMP, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Muhammad Yusuf saat ada pertanyaan dari orang tua siswa pada kegiatan Bimbingan Teknis Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi belum lama ini.

20 Tahun Dipimpin PKS Depok Banyak Keluhan, PKB Yakin SS Mampu Bawa Perubahan

"Tes Calistung saat mendaftar ke SD saat ini sudah dihapus," katanya.

Muhammad Yusuf juga mengatakan, Orang tua siswa diharapkan melapor ke Dinas Pendidikan jika masih ada SD yang melakukan tes Calistung saat anak siswa PAUD daftar ke SD.

Jadi Kapten Pemenangan Supian Suri, Nuroji Yakin Koalisi SS Mampu Kalahkan PKS di Depok

"Laporkan kepada kami jika ada SD yang melakukan tes Calistung kepada siswa PAUD yang hendak masuk ke SD," pungkasnya.

Sementara itu, anggota Komisi X DPR RI, Nuroji menambahkan pendidikan pada tahap Paud sangatlah penting, karena transisi menuju Sekolah Dasar (SD). Pada tahap ini, Nuroji berpendapat bila orientasi anak tidak hanya berpatok pada kemampuan anak baca baca, tulis, hitung (Calistung).

Transaksi Hewan Kurban di Depok Mencapai Rp 286 Miliar pada Iduladha 2024, Imam Budi: Berkah

"Melainkan motorik si anak. Nilai nilai lain juga mesti dilihat, mulai dari sosial sampai agama. Bagaimana anak bisa mengucapkan terima kasih,” katanya.

Dia menuturkan,untuk penekanan calistung, itu mestinya saat sudah berada di kelas 1 SD, untuk penyelarasan bagi anak yang ikut Paud dan tidak ikut Paud. Kelas 2 baru bisa diseragamkan.

Halaman Selanjutnya
img_title