Ketika Belanda Depok Pulang Kampung

TPU Kamboja, tempat Belanda Depok ziarah makam leluhur
Sumber :
  • siap.viva.co.id

Siap – Momen perayaan Natal adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu umat Nasrani di berbagai penjuru. Tak terkecuali bagi mereka yang disebut sebagai Belanda Depok

Sejumlah Tokoh Pembenci Islam Paling Berpengaruh di Belanda Akhirnya Bersyahadat, Kok Bisa?

Sebutan ini disematkan untuk keturunan kaum mardijkers, atau mereka yang dulunya terkena stereotip sebagai Belanda Depok. Namun kini dikenal dengan sebutan Kaoem Depok.

Sebagai informasi, pemukiman Belanda Depok terpusat di kawasan Jalan Pemuda hingga arah TPU Kamboja, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. 

Bandingkan dengan Rohingnya, Tangis Bobon Pecah Lihat Penderitaan Rakyat Papua: Faktanya Gitu

Nah, pada momen-momen Natal seperti ini, mereka yang merantau atau tinggal di luar negeri biasanya akan 'pulang kampung' alias mudik, ke wilayah tersebut. 

Selain ikut merayakan Natal bersama keluarga tercinta, momen ini pun kerap dimanfaatkan untuk berziarah ke makam leluhur atau orang terdekat.

KENANG PEJUANG: Ketika Cut Nyak Meutia Lawan Penjajah Lewat Gerilya

Salah satu makam yang menjadi pusat pusara keturunan Belanda Depok itu ialah TPU Kamboja yang terletak di Jalan Kamboja, Kecamatan Pancoran Mas, Depok.

Di tempat itu, ada banyak makam yang diisi warga Belanda dan Kaoem Depok, bahkan beberapa diantaranya diperkirakan telah berusia ratusan tahun. Sayangnya, sebagian telah hilang dengan berbagai faktor, salah satunya akibat dicuri.

Halaman Selanjutnya
img_title