Begini Respon IKA Unpam soal Muhyani Bebas dari Jerat Tersangka Usai Bunuh Pencuri Kambing

Ilustrasi duel pencuri kambing di Serang, Banten
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Keputusan Kejari Serang untuk menghentikan tuntutan terhadap Muhyani, peternak yang menjadi tersangka usai menghabisi nyawa pencuri kambing, menuai respon publik. 

Polisi Tetapkan 3 Tersangka Baru dalam Kasus Penganiayaan Taruna STIP, Begini Peran Para Pelaku

Sebagaimana diketahui, Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang, akhirnya resmi mengeluarkan surat ketetapan penghentian penuntutan (SKPP) terhadap Muhyani, pria berusia 58 tahun, yang sempat dijadikan tersangka lantaran membunuh pencuri kambing miliknya. 

Kejadian itu bermula ketika Muhyani memergoki Waldi (pelaku). Keduanya sempat terlibat duel yang cukup sengit. Namun si pencuri kambing itu akhirnya tewas usai terkena tusukan gunting.  

Menelisik Alotnya Perkara Korupsi UPN Veteran Jakarta, Begini Dalih Kejari Depok

Dalam ekspose yang dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, Didik Farkhan menyampaikan, bahwa Muhyani, sebagai penjaga kambing, melakukan pembelaan terpaksa berdasarkan Pasal 49 ayat (1) KUHP. 

Putusan ini menuai respon positif dari banyak pihak. Salah satunya yang mendukung langkah bijak itu adalah Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Pamulang (IKA Unpam), Alfa Dera

Polisi Tetapkan Mahasiswa STIP yang Aniaya Juniornya hingga Tewas Jadi Tersangka

"Kami dari Ikatan Keluarga Alumni Universitas Pamulang mengapresiasi langkah keputusan tersebut," katanya dikutip dari keterangan tertulis yang diterima siap.viva.co.id pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Menurut Alfa Dera, Kejaksaan Tinggi Banten telah mengedepankan nilai-nilai keadilan masyarakat dan menjalankan fungsi sebenarnya dari jaksa selaku dominis litis.

Halaman Selanjutnya
img_title