Hasil Survei Elektabilitas Terbaru: Prabowo Makin Moncer, Ganjar Terjun Payung, Anies Terus Merosot

Potret ilustrasi tiga paslon Capres-Cawapres
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Litbang Kompas yang merilis hasil survei terbaru elektabilitas capres-cawapres di Pilpres 2024 dan hasilnya cukup mencengangkan. Pasangan Calon Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul Jauh dari dua pasangan lainnya.

Pede Tantang Petahana Depok, Elektabilitas Supian Suri Tembus 50 Persen

Hasil survei terbaru elektabilitas pasangan calon presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran moncer di posisi pertama dengan 39,7 persen.

Sementara elektabilitas pasangan calon presiden Ganjar Pranowo- Mahfud MD malah terjun payung dari yang sebelumnya 34,1 persen suara, kini hanya mendapat 18 persen.

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

Penurunan itu juga terjadi pada elektabilitas Anies Baswedan. Namun, penurunan pasangan calon presiden Anies Baswedan - Cak Imin tidak terlalu signifikan seperti Ganjar Pranowo.

Pada Agustus 2023, elektabilitas Anies mencapai 19,2 persen. Tapi, menjelang debat, elektabilitasnya menurun menjadi 17,4 persen.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Survei Litbang Kompas ini dilakukan pada 29 November-4 Desember 2023. Sebanyak 1.364 responden yang dipilih secara acak dilibatkan dalam pengambilan survei ini.

Batas kesalahan survei ini kurang lebih 2,65 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.