Pimpinan DPRD Depok Murka Temukan Banyak Aduan Pungli di SMA Negeri: Pecat Gurunya!

Hendrik Tangke Allo soal pungli di SMA negeri Depok
Sumber :
  • siap.viva.co.id

Siap – Dugaan adanya pungutan liar atau pungli berkedok sumbangan di sejumlah SMA negeri di Kota Depok, kembali ditemukan oleh anggota DPRD.

Dituntut 5 Tahun Penjara, Eks Bupati Kutai Barat Ismail Thomas Kepergok Tidak Ditahan, Oh Ternyata

Kali ini, hal itu disuarakan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo.

Ia mengaku, bahwa dalam beberapa hari terakhir ini saja, dirinya telah banyak mendapat laporan dari orang tua siswa yang mengaku keberatan dengan adanya dugaan praktik pungli berkedok sumbangan.

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

"Ada beberapa SMA negeri, dan kejadiannya sama. Guru-guru dengan komite sekolah ini, mengadakan rapat dan memutuskan bahwa siswa melalui orang tua siswa, akan dipungut sumbangan sukarela untuk kegiatan-kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar," katanya pada awak media, Senin 18 September 2023.

Misalnya, ujar Hendrik, yang sumbangan untuk jalan-jalan dan kegiatan-kegiatan sejenisnya.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

"Nah ini kan pungutan sumbangan sukarela ini menjadi alat untuk berlindung, menjadi kedok, bahwa itu adalah sumbangan sukarela. Padahal ini adalah pemungutan liar yang direstui oleh guru dan komite sekolah, diputuskan," tuturnya.

"Jadi, mau nggak mau, orang tua dan muridnya kan ada rasa khawatir kalau itu tidak dilakukan. Sehingga dengan terpaksa mereka mengikuti itu, walaupun tidak semua orang tua siswa itu punya uang," sambung dia.

Halaman Selanjutnya
img_title