Gerindra Ungguli PDIP dalam Survei Elektabilitas: Coattail Effect Prabowo Subianto Membuat Perbedaan

Elektabilitas partai
Sumber :
  • Sumber: tvonenews

Siap –Partai Gerindra unggul atas PDIP dalam survei elektabilitas terbaru, dengan perbedaan tipis. Hasil survei ini diperoleh dari Indonesia Elections and Strategic (IndEX), yang dirilis pada Rabu 8 November 2023.

Ini Kunci Unggulnya Elektabilitas Supian Suri dari Sejumlah Kandidat Lain dalam Bursa Walikota Depok

Menurut Direktur Eksekutif IndEX Research, Vivin Sri Wahyuni, Gerindra berhasil mendapatkan efek coattail dari pencapresan Prabowo Subianto, yang merupakan bakal calon presiden (bacapres).

"Gerindra menikmati coattail effect dari pencapresan Prabowo, hingga akhirnya berhasil menyalip PDIP dan berada pada posisi unggul," kata Vivin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 9 November 2023.

PKB Pertimbangkan Lebih Banyak Wakil Anies Cak Imin: Belum Memiliki Niat Memasangkan dengan Sohibul

Survei ini menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara pencapresan dan dukungan terhadap partai pengusung, yang menunjukkan bahwa coattail effect berfungsi efektif.

Dalam pergeseran dukungan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) awalnya mendukung Ganjar Pranowo sebagai bacapres, namun kemudian beralih mendukung Prabowo.

Dituntut 5 Tahun Penjara, Eks Bupati Kutai Barat Ismail Thomas Kepergok Tidak Ditahan, Oh Ternyata

Hal ini mengakibatkan peningkatan elektabilitas Prabowo, diikuti dengan kenaikan elektabilitas Gerindra sebagai partai pengusung utamanya.

Vivin menyatakan bahwa rivalitas antara PDIP dan Gerindra adalah hal yang menarik untuk diamati, terutama menjelang tahun politik 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title