H-3 Lebaran, KCIC Catat Lonjakan Penumpang Kereta Cepat Whoosh: Pesan Tiket di Sini Anti Ribet
- Istimewa
Siap – PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC mencatat adanya lonjakan penumpang di seluruh stasiun Whoosh jelang H-3 Lebaran pada Jumat, 28 Maret 2025.
Diprediksi jumlah penumpang hari ini akan mencapai 18 sampai 20 ribu.
Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan hari kemarin yang berkisar di angka 16 ribu penumpang per hari.
Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa mengungkapkan, bahwa pihaknya memproyeksikan jumlah penumpang kereta cepat Whoosh selama angkutan Lebaran akan meningkat hingga 30 persen, atau mencapai hingga 24 ribu penumpang per hari.
"Sebagai perbandingan, pada hari kerja biasa, jumlah penumpang Whoosh berkisar antara 16-18 ribu per hari, sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 18-21 ribu penumpang per hari," katanya dalam keterangan tertulis.
Adapun peningkatan volume puncak untuk keberangkatan dari Stasiun Halim menuju Bandung dan sebaliknya, diperkirakan akan terjadi mulai 2-11 April 2025.
KCIC mengingatkan seluruh penumpang kereta cepat untuk segera melakukan pemesanan tiket melalui kanal online.
Seperti aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, Wondr by BNI, Tiket.com, maupun secara offline di loket dan vending machine di stasiun.
Selama masa angkutan Lebaran, yang berlangsung dari 21 Maret 2025 hingga 11 April 2025 atau H-10 hingga H+10 Lebaran, KCIC mengoperasikan 1.346 KA dengan total kapasitas mencapai 808 ribu tempat duduk.
Setiap harinya KCIC mengoperasikan sebanyak 62 jadwal perjalanan kereta cepat Whoosh dengan headway setiap 30 menit.
"Jumlahnya meningkat 20 persen dibandingkan angkutan lebaran 2024 dimana KCIC mengoperasikan sebanyak 52 perjalanan Whoosh per hari," ujar Eva.
Untuk memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan Whoosh, Eva memastikan KCIC menurunkan total 530 petugas keamanan yang tersebar di seluruh stasiun dan jalur kereta.
Petugas ini merupakan gabungan dari personel keamanan internal KCIC, TNI, dan Polri.
Selain itu, KCIC juga menugaskan sebanyak 50 petugas Passenger Service Mobile yang siap membantu pelayanan penumpang di berbagai stasiun Whoosh.