Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Resmi Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI

Prabowo Subianto – Gibran Rangkabumi Raka
Sumber :
  • Dok. Dok.DPRRI

SiapPresiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka membacakan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Presiden Republik Indonesia di Gedung MPR.

Pembacaan sumpah dan pelantikan di Sidang Paripurna MPR, Minggu (20/10), menjadikan Prabowo Subianto secara sah menggantikan Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi) jadi Pemimpin Republik Indonesia.


Sebelum mengucapkan sumpah, Prabowo dan tamu undangan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta yang dipimpin Ketua MPR.

Saat Ketua MPR Ahmad Muzani membuka sidang, tepuk tangan menggema saat menyebutkan satu-persatu presiden dan mantan presiden dan wakil presiden serta presiden dan wakil presiden terpilih, sebelum pelantikan.

Dalam sidang dengan agenda tunggal pelantikan tersebut, hadir 709 anggota MPR dari 731 anggota MPR.

“Sidang telah memenuhi syarat dan kuorum telah tercapai,” ujar Ketua MPR.

Usai pidato Ketua MPR, Muzani mempersihkan Ketua KPU untuk membacakan salinan surat keputusan presiden dan wakil terpilih dalam Pemilu 2024. Dengan menetapkan calon presiden nomor urut 2, Prabowo – Gibran, sebagai presiden terpilih.

Usai KPU membaca keputusan, lalu, Prabowo dipersilahkan mengambil tempat pelantikan dan membaca sumpah atau janji sebagai Presiden dengan menurut agama dihadapan MPR.

“Bismmilahirohmannirrohim, Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban sebagai Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 45 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturan-peraturan dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” janji Prabowo Subianto, Minggu (20/10).

“Bismmilahirohmannirrohim, Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban sebagai Wakil Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 45 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturan-peraturan dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” janji Gibran.

Setelah pembacaan sumpah, Prabowo dan Gibran serta pimpinan MPR, menandatangani berita acara pelantikan. Lalu penyerahan berita acara serta bersalaman dan lalu berganti kursi antara Presiden Prabowo dengan Jokowi dan Wakil Presiden Gibran dengan Ma’ruf Amin.

Tepuk tanganpun menggema di Gedung MPR mendataui sahnya Prabowo menjadi Pemimpin RI.

“Mulai saatnya Bapak Jenderal Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden untuk masa jabatan 2024-2029,” tegas Muzani.

Ini Isi Sumpah Presiden ke-8 dan Wapres ke-14 RI, Diwarnai Momen Harmonis Prabowo Sapa Ganjar-Anies