Jelang Lengser Presiden Jokowi Copot Kepala BIN Budi Gunawan

Kolase Budi Gunawan dan Presiden Jokowi
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengirimkan Surat Presiden (Surpres) Nomor R51 Tanggal 10 Oktober terkait Permohonan Pertimbangan Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) kepada DPR RI.

Nah, Lho! Presiden Jokowi Batalkan Keppres Pemindahan Ibu Kota?

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan bahwa dalam Surpres tersebut Presiden Jokowi hendak mencopot jabatan Budi Gunawan sebagai kepala BIN dengan menunjuk Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra.

"Jadi, sudah diusulkan satu nama dari Presiden Jokowi. Surpres pergantian kepala BIN atas nama pak Herindra," kata Puan seperti dikutip dari Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024.

Presiden Jokowi Buka Suara soal Kabinet Prabowo-Gibran

Puan mengatakan, mantan Danjen Kopassus tersebut bakal menggantikan Kepala BIN Budi Gunawan yang telah menjabat sejak 2016.

Selanjutnya, kata Puan, Herindra bakal menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di DPR pada Rabu (16/10) besok.

Presiden Jokowi Gondok Timnas Indonesia Batal Menang Lawan Bahrain Karena Wasit Berat Sebelah

"Insyaallah akan dilaksanakan fit n propernya atau pertimbangan dari DPR itu, besok pagi di DPR," tandasnya.

Untuk diketahui, pada saat presiden terpilih Prabowo Subianto mengundang beberapa tokoh atau calon menteri ke kediamannya di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Senin (14/10) kemarin, sosok Herindra juga tampak hadir.