Kebebasan Demokrasi Dicoreng Diskusi Diaspora Bersama Tokoh Nasional Dibubarkan Orang Tak Dikenal

Gerombolan preman berbaju hitam serbu diskusi Diaspora
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Sejumlah orang tak dikenal merangsek masuk ke acara diskusi 'Silaturahmi Kebangsaan Diaspora Bersama Tokoh dan Aktivis Nasional' tak hanya itu mereka membubarkan acara tersebut.

Mencekam, Diskusi Diaspora Diserbu Preman, Rocky Gerung: Mereka Diutus untuk Mengacau

Kejadian itu terjadi di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, pada Sabtu 28/9/2024. Para massa tersebut melakukan aksi anarkis dengan mencabut spanduk 'Silaturahmi Kebangsaan Diaspora Bersama Tokoh dan Aktivis Nasional' di ruangan sambal mengusir para peserta acara tersebut.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengecam keras aksi yang dilakukan orang tak dikenal pada acara tersebut.

Gerombolan Preman Serbu Diskusi Diaspora, Said Didu Curiga Sosok Ini di Baliknya

"Apa yang terjadi tadi adalah kejahatan demokrasi. Kita membiarkan mereka berorasi sebagai manifestasi demokrasi, tapi ketika mereka masuk dan merusak, ini adalah anarkisme," kata Din Syamsudin dalam keterangannya Sabtu 28/9/2024.

Dirinya menilai aksi tersebut tak hanya mencoreng demokrasi, tetapi tetapi mengganggu dan merusak kehidupan dan kebangsaan. Di kesempatan yang sama Din Syamsuddin menyoroti tanggung jawab kepolisian.

Detik-detik Aksi Brutal Sekelompok OTK Serbu Diskusi Forum Tanah Air, Nih Videonya

"Polisi, mohon maaf saya ingin katakan terus terang tidak berfungsi sebagai pelindung dan pengayom rakyat, sebagaimana yang menjadi slogan. Ternyata diam saja. Saya sungguh protes keras polisi yang berdiam diri bahkan membiarkan aksi-aksi anarkisme," jelasnya.

Sementara menurut pakar hukum tata negara Refly Harun, apa yang terjadi tersebut adalah bagian dari tindakan kriminal.

Halaman Selanjutnya
img_title