Melirik Pesona Tari Maekat, Simbol Keperkasaan Pejuang Suku Dawan Timor

Tari Maekat
Sumber :
  • Dispar Kab TTS

Siap – Masyarakat Suku Dawan yang menjadi penduduk asli Pulau Timor memiliki beragam kesenian tradisional. Salah satu yang kesenian Suku Dawan yakni Tari Maekat.

Mengenal KH Abdul Halim, Ulama Moderat asal Majalengka yang Dicinta Rakyat

Tarian ini sebetulnya melambangkan keperkasaan setelah berperang. Pasalnya zaman dulu sering terjadi perang di antara kerajaan di Pulau Timor.

Tari Maekat tidak terlepas dari tradisi Suku Dawan yang terkenal dengan Suku Atoni Meto atau Atoni Pah Meto. Secara harafiah Atoni Pah Meto "orang-orang dari tanah kering".

Ogah Banyak Teori, Ini Janji Gibran soal Keluhan Industri Kreatif di Labuan Bajo

Karena itu, tanah menjadi simbol kedaulatan bagi kerajaan di Amanuban dan Amanatun, Timor Tengah Selatan, NTT. Konflik antarkerajaan zaman dulu kerap tak terhindarkan.

Lewat Tari Maekat masyarakat Suku Dawan menunjukkan keperkasaan para lelaki. Gerakan tari ini secara keseluruhan mengekspresikan perasaan bahagia.

Mahfud Ungkap Rahasia Kesejahteraan: Bersihkan Korupsi di Tambang Rakyat Berpeluang Dapat Rp20 Juta

Lazimnya Tari Maekat dibawakan dengan latar rumah Raja Timor yang legendaris. Tarian ini diiringi tabuhan gong, tambur dan sorak-sorai penuh penuh semangat.

Bunyi kerincing berirama senada dengan hentakan kaki penari Maekat membuat meriha suasana kegembiraan seusai perang. Senjata utama berupa bilah pedang turut menjadi bagian dari kemenangan.

Halaman Selanjutnya
img_title