Inovasi Karang Taruna Cibaduyut, Bandung: Mengubah Cara Pengolahan Sampah Tanpa Asap

Insiator alat pengolahan sampah tanpa asap
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber. Istimewa

Siap –Karang Taruna Cibaduyut, Bandung, telah menciptakan inovasi luar biasa yang mengubah cara pengolahan sampah di wilayah mereka. 

Astagfirullah! Video Detik-detik Gempa Dangkal Guncang Bandung dan Garut, Begini Kondisinya

Dengan alat pembakaran sampah yang mereka sebut 'Jozef,' warga kini dapat membakar sampah tanpa menghasilkan asap.

Ketua Karang Taruna RW 08 Cibaduyut, Yosep Barkah Ibrahim, secara swadaya membangun alat pembakaran sampah atau insinerator ini. 

PDI Perjuangan Makin Optimis Supian-Chandra Kalahkan Petahana dari PKS 20 Tahun Berkuasa

Ia memulai risetnya sejak tahun 2005, setelah melihat dampak bencana di TPA Leuwigajah. Yosep khawatir bahwa tanpa solusi yang cepat, Kota Bandung akan berubah menjadi gunung sampah.

"Insinerator Jozef" telah mengantongi sertifikat lolos uji emisi dari Laboratorium Pengendalian Kualitas Lingkungan (LPKP). Hasilnya, asap insinerator Jozef berada di bawah batas baku mutu, meskipun memerlukan beberapa penyempurnaan sesuai standar.

Bareskrim Polri Gerebek Rumah Pembuatan Uang Palsu di Jawa Barat, 8 Orang Ditangkap

Jozef mengatakan bahwa insinerator ini aman untuk lingkungan, tidak menghasilkan asap hitam berbahaya. Meski begitu, Yosep terus melakukan riset dan penyempurnaan terhadap insinerator ini.

Awalnya, insinerator dibuat dengan bahan drum besi, namun kemudian dikembangkan dengan material yang lebih mumpuni, meskipun biaya pembuatannya bisa mencapai Rp50-Rp100 juta. Sekarang, insinerator telah dikembangkan dengan sistem filtrasi hingga enam lapis.

Halaman Selanjutnya
img_title