Siswi SMA Ciptakan Batu Bata Ramah Lingkungan dari Fly Ash untuk Mengurangi Emisi Karbon

Siswi smk ciptakan batu bata ramah linhkungan
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber. Istimewa

Siap –Sheina Ashley Pribadi, seorang siswi kelas 12 di Jakarta Intercultural School (JIS), telah menciptakan terobosan luar biasa dengan mengubah fly ash (abu terbang) menjadi batu bata ramah lingkungan

Blak-blakan Kapolres Depok soal Misteri 9 Tahun Tewasnya Akseyna Mahasiswa UI: Kendalanya Begini...

Proyek yang ia inisiasi dengan nama ACE bertujuan untuk menciptakan bahan bangunan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan, dengan tujuan mengurangi emisi karbon.

Dalam proyek ACE-nya, Sheina berhasil menciptakan semen ramah lingkungan yang tidak hanya lebih murah, tetapi juga lebih kuat daripada bahan konvensional. 

9 Tahun Berlalu, Polisi Periksa 38 Saksi di Balik Tewasnya Akseyna Mahasiswa UI

Yang lebih menakjubkan lagi, semen ini dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan batako, yang jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan batako semen tradisional.

Motivasi Sheina untuk memulai proyek ini adalah menggantikan penggunaan batako dan batu bata tanah liat yang telah lama menjadi penyebab polusi lingkungan. 

Tuai Kontroversi, Pemerintah Dikabarkan Bakal Beberkan Soal Tapera Hari Ini

Pendekatan yang diambil adalah dengan menggantikan sebagian besar bahan baku semen dalam batako dengan fly ash, yang merupakan produk sampingan dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara. 

Dengan demikian, fly ash yang sebelumnya hanya menjadi sampah dapat digunakan secara produktif dan mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan.

Halaman Selanjutnya
img_title