Korsabhara Baharkam Polri dan Polda Banten Dibantu Anjing K9 Berhasil Menciduk Pemburu Badak Jawa

potret ilustrasi Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon
Sumber :
  • istimewa

Siap – Tim Gerak cepat Tim K9 Ditpolsatwa dari Kosabhara Baharkam Polri bersama Brimob Polda Banten dan Polisi Hutan (Polhut) berhasil mengamankan seorang oknum pemburu Badak Jawa.

Diketahui oknum pemburu Badak Jawa tersebut Seorang pemuda berinisial AD (29), ia berhasil diamankan di tempat persebunyiannya di dalam hutan belantara Taman Nasional (TN) Ujung Kulon, Banten.

Ipda Sutarno selaku KaTim K9 Ditpolsatwa dari Korsabhara Baharkam Polri memimpin langsung penangkapan pelaku pemburu Badak Jawa yang dilakukan selama 2 hari dari tanggal 14 Mei sampai 15 Mei dengan menyusuri kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

“Selama dua hari ini kami telah melakukan pencarian terhadap pelaku pemburuan Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon,” kata Sutarno saat memberikan keterangannya, Kamis (16/5/2024).

Sutarno juga mengatakan, proses pencarian para pelaku pemburu Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon tidaklah mudah. Sebab, jangkauan pencarian cukup luas mengharuskan Tim harus bermalam di tengah hutan.

Meski dalam memberantas pemburu Badak Jawa cukup sulit dan perlu waktu extra, Sutarno menegaskan dirinnya beserta Tim tak pantang menyerah, dikarnakan Tim K9 tidak ingin kehilangan jejak yang sudah terendus oleh Anjing Pelacak/K9. 

“Dengan alat deteksi berupa satwa Anjing/K9 dan Alhamdulillah hari ini kita berhasil mengamankan salah satu pelaku yang berinisial AD (29) berikut barang bukti 7 pucuk senjata Senapan locok,” jelasnya.