Presiden AS Joe Biden Bakal Mengutus Enam Perwakilannya untuk Hadir di Pelantikan Prabowo

Presiden AS Joe Biden
Sumber :
  • istimewa

SiapPresiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengutus enam perwakilannya untuk menghadiri acara pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden Ri pada, Minggu 20/10/2024.

Melansir dari whitehouse.gov, delegasi tersebut dipimpin oleh Linda Thomas-Greenfield, Duta Besar (Dubes) AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Anggota delegasi lainnya ada dari Dubes AS untuk Indonesia, Kamal Shirin Lakhdhir, dan Wakil Menteri Perdagangan AS, Don Graves. Kemudian Laksamana Samuel Paparo, Komandan Pasukan Wilayah Indo-Pasifik Kementerian Pertahanan AS.

Asisten Menteri Luar Negeri AS Urusan Asia Timur dan Pasifik, Daniel J. Kritenbrink, juga ikut dalam rombongan. dan anggota lainnya yakni, Asisten Khusus Presiden merangkap Direktur Asia Timur dan Oseania Dewan keamanan Nasional AS, Mira Rapp-Hooper. 

Pada Saat Prabowo Subianto resmi dinyatakan terpilih sebagai Presiden, Biden mengucapkan selamat melalui surat dengan kop resmi Gedung Putih. Surat tertanggal 12 Maret 2024 itu diantar langsung oleh Dubes untuk ASEAN, Yohannes Abraham.

"Saya mengucapkan selamat kepada Anda atas keunggulan suara pada pemilihan presiden," tulis Biden melalui surat tersebut.

Presiden AS itu juga mengapresiasi rakyat Indonesia atas keberhasilannya melaksanakan pemilu sebuah bukti komitmen terhadap demokrasi.