Menelisik Strategi Keamanan dari Balik Jeruji Rutan Depok

Petugas melakukan pemeriksaan di Rutan Depok
Sumber :
  • siap.viva.co.id

Siap – Berbagai upaya gencar dilakukan aparat untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan di Rutan Depok. Salah satu di antaranya yakni dengan rutin menggelar razia

Operasi penertiban itu tidak hanya dilakukan para petugas sipir, tapi juga melibatkan aparat TNI-Polri.

Berbekal alat deteksi dini, sejumlah petugas pun dengan sigap melakukan penyisiran ke sejumlah lokasi yang dianggap rawan, seperti blok hunian para napi atau warga binaan pemasyarakatan (WBP). 

Kepala Kesatuan Pengamanan (KA KPR) Rutan Depok, Mochammad Farih Hazin mengatakan, razia rutin ini cukup efektif untuk meminimalisir terjadinya gangguan kemanan di dalam blok hunian. 

"Kita ini kan punya peraturan terkait masalah tata tertib, di mana teman-teman di dalam itu fokusnya adalah warga binaan," katanya dikutip pada Jumat, 4 Oktober 2024.

Dirinya menyebut, ada sejumlah target dalam operasi rumah tahanan negara (Rutan) ini. Di antaranya meliputi penggunaan alat komunikasi bagi WBP, narkob, hingga benda berbahaya lainnya. 

"Jadi penggunaan alat komunikasi di dalam kamar blok hunian itu dilarang, karena kami pun sudah menyiapkan wartel khusus pemasyrakatan. Itu gratis, tidak dikenakan biaya," terangnya.