Presiden Jokowi Tawarkan Investor 493 Bidang Tanah di IKN, Siapa Saja Itu?

Pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN)
Sumber :
  • Istimewa

SiapPresiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan terdapat 493 bidang tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ditawarkan kepada investor.

Pemerintah mencatat, terdapat total 45 investor yang telah melangsungkan prosesi groundbreaking pada tahap 1 sampai dengan tahap 6. Sedangkan pada groundbreaking tahap 7 yang dilaksanakan 12 Agustus 2024 melibatkan empat investor.

Peletakan batu pertama untuk investor tahap ketujuh di IKN diikuti oleh empat investor swasta dalam negeri, antara lain BCA, Swiss-Belhotel, Royal Golden Eagle, dan Intiland.

"Saya sekali lagi ingin memberikan peluang sebanyak-banyaknya kepada investasi swasta, tadi pagi saya dilapori oleh (Plt). Kepala OIKN dan (Plt). Wakil Kepala OIKN ada sudah disiapkan 493 bidang seluas 2-3 hektare yang akan launching untuk bisa investasi masuk lagi," kata Presiden Jokowi seperti dikutip di IKN, Kalimantan Timur, Jumat, 13 September 2024.

Ia mengatakan, bidang-bidang tanah tersebut nantinya dapat dibangun untuk hotel, perkantoran hingga perdagangan. 

Rencananya, kata Presiden Jokowi, bidang-bidang tanah tersebut ditawarkan pada pekan depan.

"Ada 2 Hektare, 3 Hektare sampai 4 Hektare sebanyak 493 bidang terserah mix used, mau kantor, tetapi tergantung plot," tandasnya.