Kisah Inspiratif Jamaluddin: Menyulam Harapan di Tengah Keterbatasan

Rumah Koran yang didirikan Jamaluddin
Sumber :
  • radioidola.com

Siap – Di Kecamatan Tombolo Pao, Gowa, pada ketinggian lereng Gunung Bawakaraeng, semangat hidup seorang pria sederhana bernama Jamaluddin Daeng Abu bersinar seperti matahari yang menyinari kebun-kebun sayur milik para petani di sana.

Bersama mimpinya yang besar, Jamaluddin mendirikan sebuah gerakan yang sangat berarti bagi masyarakat sekitar: Gerakan Cerdas Anak Petani. Langkah pertama, Jamaluddin mendirikan rumah baca untuk anak-anak yang dinamakan Rumah Koran.

"Rumah bacanya bernama Rumah Koran. Lokasinya ada di sebuah bangunan yang awalnya merupakan kandang bebek. Bangunan itu ditempeli koran-koran bekas. Setelah dibaca, koran kan jadi sampah. Berita-berita itu disortir lalu ditempel hingga jadilah Rumah Koran," kata Jamaluddin seperti dikutip dari goodnewsfromindonesia.id, Jumat, 25 Oktober 2024.

Gerakan ini hadir bukan hanya untuk memberikan pendidikan bagi anak-anak petani yang terbatas aksesnya, namun juga untuk menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan dan ekonomi mandiri, sehingga mereka bisa tumbuh dengan percaya diri di kampung halaman sendiri.

Jamaluddin bukan hanya seorang guru, tetapi sosok yang gigih membawa perubahan. Langkah-langkahnya menguat ketika pada tahun 2017, ia mendapat penghargaan SATU Indonesia Awards dari Astra, sebuah pengakuan atas kerja kerasnya dalam bidang pendidikan di pelosok Indonesia.

Penghargaan ini tak hanya menjadi sebuah simbol, namun juga pelecut semangat bagi Jamaluddin untuk terus bergerak dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak petani di Tombolo Pao.

Menembus Batas di Lereng Bawakaraeng