Semangka, Simbol Perlawanan Terhadap Zionis Israel

Ilustrasi simbol semangka dan bendera Palestina
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber. Pixabay

Siap – Belakangan ini banyak yang memposting gambar semangka di akun media sosial mereka. Bahkan beberapa artis juga kedapatan mengunggah gambar buah tersebut di akun mereka, salah satunya adalah Teuku Wisnu.

Di Bawah Teror Zionis Israel, Begini Kondisi Salat Iduladha di Masjid Al-Aqsa

Ternyata unggahan ini adalah sebuah simbol. Warna Semangka yakni hijau, hitam merah dan putih diartikan sebagai bendera Palestina. Buah ini dipakai sebagai bentuk protes atas aksi genosida yang dilakukan zionis Israel terhadap warga Palestina.

Dilansir dari Time, buah semangka yang dikaitkan dengan simbol perlawanan rakyat Palestina sudah terjadi sejak lama. Di tahun 1967, Israel berhasil menduduki Tepi Barat dan Gaza serta merebut Yerusalem Timur.

Lawan Israel, MINDA Siap Kerahkan Advokat Terbaik Indonesia untuk Palestina

Sejak saat itu Israel melarang pengibaran bendera Palestina dan menganggapnya sebagai perbuatan kriminal.

Demi menghindari larangan tersebut, warga Palestina mulai menggunakan semangka yang dibelah karena memiliki warna yang sama dengan bendera nasional mereka.

Kisah Mualaf Keluarga Petarung MMA Asal Papua Ikhsan Lani, Jadi Saksi Masjid Dibakar

Namun nampaknya simbol perlawanan ini juga dihalau oleh pemerintah Israel. Mereka kemudian membuat aturan baru, bukan hanya bendera palestina saja, melainkan benda yang memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina juga dilarang.

Larangan pengibaran bendera Palestina sendiri baru dicabut tahun 1993 setelah adanya kesepakatan Oslo (Oslo Accords) yang berisi pengakuan bersama Israel dan Palestina.

Halaman Selanjutnya
img_title