Prediksi Timanas Indonesia di Piala Dunia 2023, Pengamat Sepakbola: Berat

Potret pemain Timnas
Sumber :
  • Istimeea

Siap –Pertandingan Timnas Indonesia pada ajang Piala Dunia Asia 2023 yang bakal digelar pada januari mendatang menuai sorotan dari berbagai pihak, salah satunya dari pengamat sepakbola dalam negeri Tommy Welly atau kerap disapa bung Towel.

Mengejutkan, Media Asing Sebut Performa Timnas Indonesia Bikin China Ketar ketir, Ini Menakutkan?

Ia mengatakan bahwa peluang Timnas Indonesia pada ajang Piala Asia 2023 mendatang. tak terlalu besar.

"Memang Piala Asia 2023, pada Januari mendatang, berat. Dari sisi grouping berat. Kita akan ketemu Irak, Vietnam, dan Jepang," ucap Towel, sapaan karib Tommy Welly, dalam siniar di kanal Sportify Indonesia.

Head to Head Indonesia vs Bahrain Pernah Pesta Gol Sampai 10 - 0, Akankah Terbalas?

"Jadi (prediksi) itu nggak salah. Based on data yang ada dan hasil performa terakhir pada kualifikasi Piala Dunia nggak salah juga," sambungnya.

Sebelumnya, berbagai prediksi muncul terkait peluang Indonesia pada Piala Asia 2023. Salah satu prediksi muncul dari laman statistik Football Rankings.

Punya Perfoma Mengerikan, Media Vietnam Sebut Laga Indonesia Vs Bahrain Ajang Balas Dendam?

Mereka menggunakan metode NT prediction formula untuk memprediksi peluang masing-masing tim lolos dari fase grup Dalam simulasi yang dilakukan laman Football Rankings, peluang Indonesia bisa dikatakan cukup memprihatinkan.

Skuad Garuda hanya memiliki peluang sebesar 0,15 untuk lolos sebagai juara grup dan 7,12 untuk lolos sebagai runner-up. Di lain pihak, peluang Indonesia untuk menjadi juru kunci Grup D sebesar 55,91. Menurut Bung Towel, dalam kaca mata sepak bola, persentase peluang Indonesia ini tak salah, terutama untuk menjadi pemuncak grup. Peluang terbesar jadi juara grup dimiliki Jepang dan Irak. Prediksi ini, kata Towel, bisa jadi alarm bagi Timnas Indonesia untuk menyiapkan diri lebih baik lagi. Hal tersebut, sudah dilakukan oleh Skuad Garuda dengan merencanakan program pemusatan latihan di Turki. "Kalau nggak salah, mereka akan TC ke Turki. Apakah itu bisa meningkatkan persentase peluangnya, kita nggak tahu," kata katanya. "Cuma, memang perhitungan untuk lolos ke babak berikutnya memang berat," pungkasnya.