Geger! Anies Resmi Gabung PDI Perjuangan, Benarkah?

Anies Baswedan merapat ke PDI Perjuangan
Sumber :
  • Dok Turn Back Hoaks (Mafindo)

SiapViral sebuah video yang tayang dalam Youtube yang menerangkan dengan judul bahwa PDI Perjuangan secara resmi telah bersepakat mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilkada DKI 2024.

Seorang Wanita di Pancoran Mas Kota Depok Jadi Korban Begal Payudara, Polisi Buru Pelaku

"Anies merah total, siap tenggelamkan dominasi JKW," tulis tumbnail dalam video tersebut seperti dikutip, Senin, 26 Agustus 2024.

Berdasarkan penelusuran Turn Back Hoaks, informasi tersebut menyesatkan. Untuk diketahui, foto yang digunakan dalam gambar thumbnail tersebut bukanlah Anies, melainkan foto Hendrar Prihadi ketika dilantik menjadi Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) periode 2024-2029.

Beredar Video Amatir Warga yang Tak Sengaja Rekam Nia Gadis Penjual Gorengan Sebelum Meninggal

Foto tersebut identik dengan foto yang digunakan Republika dalam artikel yang berjudul, Lantik Pimpinan TMP, Ini Pesan Sekjen PDIP. Selain gambar yang dimanipulasi tersebut, isi video juga tidak ada kaitannya dengan pengusungan Anies oleh PDIP. 

Dalam video tersebut narator hanya membacakan ulang artikel Tempo yang berjudul, Ramai-Ramai Puji Putusan MK yang Ubah Ambang Batas Syarat Pencalonan Pilkada.

Viral Anak Abah Tusuk 3 Paslon di Pilgub Jakarta, Anies: Itu Bentuk Kebebasan Berekspresi?

Terkini, Megawati baru saja mengumumkan 163 calon bupati, dan wali kota yang diusung PDIP di Pilkada 2024.

Selain itu, PDI Perjuangan juga baru mengajukan 6 cagub-cawagub untuk wilayah Jambi, Bangka Belitung, Riau, Bali, Papua Tengah, dan Papua Selatan.

Halaman Selanjutnya
img_title