Ada Virus Baru, WHO Minta Semua Negara Waspada

Ilustrasi cacar monyet
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization: WHO) meminta semua negara untuk waspada dan siap sedia menghadapi kasus virus baru yaitu cacar monyet (monkey pox/mpox).

Konsumsi 7 Buah Ini Bikin Daya Tubuh Meningkat Saat Musim Hujan

Direktur Regional WHO untuk Eropa Hans Kluge mengatakn Mpox memang telah dinyatakan sebagai darurat kesehatan yang perlu menjadi perhatian internasional. Namun, itu tidak serta-merta menyebut Mpox merupakan ‘COVID baru’.

"Mpox bukanlah COVID baru, terlepas dari apakah itu cacar Clade I, yang menjadi penyebab wabah yang sedang berlangsung di Afrika Timur dan Tengah, atau cacar Clade II, yang memicu wabah pada 2022 yang awalnya berdampak di Eropa dan terus menyebar di sana," kata Kluge seperti dikutip, Rabu, 21 Agustus 2024.

Xiaomi Smart Air Purifier Eliet Solusi Membuat Ruangan Bersih dan Sehat

Berdasarkan apa yang WHO ketahui, kata Kluge, Mpox terutama menular melalui kontak kulit ke kulit dengan lesi, termasuk saat berhubungan seks. 

Menurut WHO, salah satu tujuan pernyataan darurat kesehatan global ialah agar semua negara waspada dan siap jika ada kasus cacar monyet yang masuk ke wilayah mereka.

Benarkah Pemerintah Gunakan Vaksin Eksperimen Cegah Cacar Monyet?

"Kami tahu cara mengendalikan Mpox, termasuk di kawasan Eropa, mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk memberantas penularannya," katanya.

Dalam situs resminya, WHO mengatakan, dari kasus yang dikonfirmasi di wilayah Afrika pada 2024, sebanyak 95 persen dilaporkan di Republik Demokratik Kongo, yang sedang mencatat peningkatan kasus Mpox. 

Halaman Selanjutnya
img_title