Miliaran Rupiah 'Berlayar' ke Partai NasDem? KPK Terus Dalami Dugaan Aliran Dana dari SYL!

Ketum nasdem
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber tvonenews.com

Siap –Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengungkap dugaan keterlibatan Partai NasDem dalam skandal korupsi terkait eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Intip Harta Eks Bupati Kutai Barat, Napi Korupsi yang Cuma Dihukum Tahanan Kota

Dalam konferensi pers yang digelar pada Jumat (13/10) malam, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengungkapkan bahwa Partai NasDem diduga turut serta menikmati aliran dana korupsi yang melibatkan SYL.

Marwata menjelaskan bahwa SYL membuat kebijakan pribadi untuk melakukan pungutan dan setoran di internal Kementerian Pertanian selama periode 2020-2023. 

Dituntut 5 Tahun Penjara, Eks Bupati Kutai Barat Ismail Thomas Kepergok Tidak Ditahan, Oh Ternyata

SYL menugasi Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono dan Direktur Alat Mesin Pertanian Muhammad Hatta untuk menarik dan mengumpulkan 4000-10.000 dollar AS per bulan dari pejabat eselon 1.

Menurut KPK, total uang yang dinikmati oleh SYL, Kasdi, Hatta, dan sejumlah pejabat lainnya mencapai sekitar Rp 13,0 miliar. 

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

Penyidikan juga mengungkap bahwa dana korupsi tersebut tidak hanya digunakan untuk umrah, tetapi juga untuk kepentingan Partai NasDem.

Bendahara Partai NasDem, Ahmad Sahroni, mengakui penerimaan uang dari SYL sebesar Rp20 juta sebagai sumbangan bencana alam untuk Fraksi NasDem. 

Halaman Selanjutnya
img_title