Pertarungan Sengit Khofifah dan Yenny Wahid, Kandidat Wanita Paling Kuat di Pilpres 2024!

Khofifah dan yenni wahid
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber tvonenews.com

Siap –Menghadapi masa pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang semakin dekat, pertanyaan mengenai keterwakilan perempuan dalam kontestasi Pilpres 2024 menjadi sorotan utama. 

Menohok, Ini Kata Ketum GPMN Soal Pernyataan Ganjar Terkait Ketertarikan PDIP ke Anies Baswedan

Hingga saat ini, belum terlihat tanda-tanda pasti apakah perempuan akan mendapat posisi sebagai bakal cawapres untuk memperebutkan kursi puncak kepemimpinan negara.

Perlukah keterwakilan perempuan dalam Pilpres 2024? Menurut peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Siti Zuhro, keterlibatan perempuan dianggap perlu mengingat jumlah pemilih perempuan yang signifikan, yang bahkan lebih banyak dari kaum laki-laki pada pemilu 2019.

Detik detik Aksi Mengerikan Polwan Bakar Suami di Mojokerto, Tangan Korban Terborgol

Dua nama perempuan yang mencuat sebagai potensial cawapres adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Yenny Wahid, putri dari Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gusdur. 

Anthony Leong, seorang analis politik, menyebut bahwa survei menunjukkan masyarakat mendukung kehadiran figur perempuan di tataran calon wakil presiden.

Sentil Kemunduran Demokrasi di Indonesia, Guru Besar UI Sebut Hukum Jadi Alat Politik Penguasa

Khofifah dan Yenny Wahid bisa menjadi opsi, memiliki basis yang kuat dan luar biasa," ujar Anthony Leong. 

Yenny Wahid, yang terus berkomunikasi dengan sejumlah partai, bahkan menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai cawapres di Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title