Lebaran Kukusan, Ikhtiar Warga Depok Jaga Tradisi Leluhur

Momen cerianya Lebaran Kukusan warga Depok
Sumber :
  • Diskominfo Depok

Siap – Wali Kota Depok Mohammad Idris memberi acungan jempol atas agenda perayaan bertajuk Lebaran Kukusan. Kegiatan itu digagas Karang Taruna (Katar), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan sejumlah stakeholder terkait.

Walkot Depok Ultimatum IBH dan Sekda soal Cawe-cawe: Bisa Langsung Saya Semprit

Idris mengatakan, bahwa Lebaran Kukusan yang dihelat kedua kalinya ini merupakan tradisi sederhana, dengan konsep mengangkat budaya tempo dulu.

Menurutnya, Lebaran Kukusan sangat efektif untuk mempertahankan tradisi sederhana di masyarakat zaman dulu dengan tujuan memperkuat tali silaturahmi.

Walkot Depok Pede Larangan Iklan Rokok Tak Pengaruhi PAD, Nih Buktinya

Salah satunya, tradisi rantangan dengan makan bersama dalam suasana Idul Fitri.

“Ini tradisi sederhana mengangkat budaya Lebaran yang dilakukan warga zaman dulu, seperti rantangan, anak muda mengantar makanan ke orang tua, itu sebagai budaya menghormati orang tua. Nah di event ini dimunculkan dengan pawai rantangan dan makan bersama,” katanya dikutip pada Selasa, 23 April 2024.

Depok Masuk 3 Besar Penghargaan Pembangunan Daerah 2024, Saingan Terberatnya Kota Ini

Idris mengatakan, Depok merupakan kota multi etnis yang kaya akan suku dan budaya. Maka, dalam kegiatan Lebaran Kukusan ini, semua etnis bersatu, mempertahankan keguyuban dan kebersamaan mereka.

“Suku Betawi di Depok 36 persen, Jawa 35 persen, itu data lama ya belum di update, bisa jadi sekarang suku Jawa lebih banyak,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title