PDIP Dominasi, Persaingan Sengit Antara Gerindra dan Golkar di Posisi Dua dan Tiga!

Ketum pdip
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber tvonenews.com

Siap –Lembaga survei Poltracking merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik menjelang Pemilu 2024.

Dongkol 20 Tahun Dicuekin Pemkot, Instruktur Senam Dukung Supian Suri Lawan Petahana Depok

Menurut survei yang dilakukan pada periode 3-9 September 2023 dengan jumlah sampel 1.220 responden, PDIP menempati posisi puncak dengan elektabilitas 24,4%. Disusul oleh Partai Gerindra dan Partai Golkar dengan masing-masing 16,7% dan 10,1%.

Hasil ini diumumkan pada Sabtu, 7 Oktober 2023, menunjukkan dinamika politik yang dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti perubahan kepemimpinan partai. 

PKB Pertimbangkan Lebih Banyak Wakil Anies Cak Imin: Belum Memiliki Niat Memasangkan dengan Sohibul

Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi, mengungkapkan bahwa pemilihan Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI memiliki potensi untuk mengubah landscape politik, meskipun belum terlihat secara signifikan dalam hasil survei ini.

"Angka elektabilitas partai bisa berubah, bukan hanya PSI, tapi beberapa partai lain juga mungkin mengalami perubahan," ujar Arya Budi dalam konferensi pers. 

Ketika Wali Kota Depok Heran Ada Balihonya soal Cagub Jabar, Warganet: Itu Khodammnya Ges

Dia juga menyoroti tren konsistensi kenaikan elektabilitas PDIP dan Gerindra, yang cenderung meningkat saat memasuki tahun politik.

Menurut Arya, PDIP tetap stabil di atas 20%, sementara Gerindra mengalami peningkatan yang signifikan dari sekitar 11% akhir tahun 2022 menjadi 16%.

Halaman Selanjutnya
img_title