Penyebutan KKB Kembali Menjadi OPM, Begini Penjelasan Panglima TNI

KKB di Papua
Sumber :
  • viva.co.id

Siap – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali disebut sebagai Organisasi Papua Mardeka (OPM). Ini merujuk pengunaan nama yang dipakai kelompok tersebut.

Sadis, Kepala Kampung Disiksa OPM Tanpa Ampun, Warganet: Kau Tengok Nih Ya Ketua BEM UI

“Mereka sendiri menamakan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) sama dengan OPM," kata Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto seperti dikutip, Rabu, 10 April 2024.

Penyebutan OPM menjadi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Teroris (KST) disepakati dalam Rapat Koordinasi Kementerian Polhukam pada 29 April 2021. Namun, tertanggal 5 April 2024, TNI mengembalikan status dan penyebutan KKB menjadi OPM.

Bantu Polisi Evakuasi Warga, Komando Operasi TNI Berhasil Bikin OPM Kocar Kacir

"Sekarang mereka (OPM) sudah melakukan teror, pemerkosaan kepada guru, tenaga kesehatan dan pembunuhan kepada TNI, Polri dan masyarakat," katanya.

Menurutnya, tindakan itu tidak boleh didiamkan saja karena para komplotan itu membawa senjata api. Bahkan, kata dia, para OPM terus mengganggu aktivitas masyarakat dan TNI/Polri.

Lagi, TNI-Polri Baku Tembak dengan OPM di Intan Jaya Papua, Begini Kondisinya

"Saya akan tindak tegas untuk apa yang dilakukan oleh OPM. Tidak ada negara dalam suatu negara," katanya.

Agus menambahkan bahwa TNI mempunyai metode tersendiri untuk penyelesaian masalah di Papua. Walaupun dilakukan operasi bersenjata, tetapi TNI juga mengedepankan pendekatan teritorial untuk membantu percepatan pembangunan dan menyejahterakan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title