Ternyata ini Penyebab Macet Panjang di Jalur Tengah Brebes Siang Ini

Potret ilustrasi kemacetan panjang
Sumber :
  • Istimewa

SiapPenyebab kemacetan panjang yang masih terjadi hingga H-2 Lebaran 2024 berada di jalur tengah BrebesJawa Tengah, Senin (8/4/2024) siang hari akhirnya terungkap.

Menelisik Ritual Kebo Andil, Tradisi Betawi Depok yang Nyaris Hilang Tergerus Zaman

Kemacetan yang terjadi dari dari mulai exit Tol Pejagan-Ketanggungan-Larangan-Songgom di Brebes hingga Prupuk di Kabupaten Tegal.

Ternyata hal tersebut diakibatkan lantaran adanya dua pasar tumpah di jalur tengah Brebes, yakni Pasar Larangan dan Pasar Songgom Brebes di tengah puncak arus mudik yang terus melonjak angka peningkatan volume kendaraannya.

Soal Pemudik yang Bawa Perantau ke Depok, Sekda Supian: Semua Punya Hak untuk Mencari Nafkah

Kondisi ini diperparah dengan memiliki ukuran lebar jalan yang tidak sebanding dengan volume kendaraan saat puncak arus mudik Lebaran 2024.

Serta adanya dua arus dari dua arah, yakni dari arah pintu keluar Tol Pejagan maupun dari arah sebaliknya yaitu dari arah Purwokerto dan Bumiayu. Kendaraan yang muncul dari Purwokerto dan Bumiayu yang didominasi bus AKAP, akan kembali ke Jakarta meningkat drastis.

Hari Pertama Usai Libur Lebaran, 90 Persen ASN Depok Masuk Kerja, Idris: Tidak Ada WFH

Volume kendaraan didominasi mobil pribadi, travel, bus AKAP hingga pemudik yang menggunakan sepeda motor. Semua pemudik tersebut yang berada di Brebes menjadi terhambat akibat aktifitas masyarakat di pasar untuk membeli kebutuhan menjelang hari raya Lebaran.

Tidak hanya itu, dari pantauan banyak pemudik motor yang enggan terjebak macet, sehingga terpaksa menyusuri jalan tanah dipinggir sungai di ruas Jalan Larangan-Songgom.