Tahun 2030 Kemungkinan Umat Muslim akan Idulfitri Dua Kali?

Ilustrasi Lebaran.
Sumber :
  • Istimewa

SiapRamadan dan Idulfitri biasanya dirayakan setiap satu tahun sekali oleh umat muslim. Lazimnya umat muslim sangat menantikan kehadiran bulan suci tersebut.

Resmi Masuk Islam, Syahadat Ruben Bikin Istri Batal Cerai: Alhamdulillah Semua Jadi Kebahagiaan

Selama ini perayaan Ramadan dan Idulfitri selalu mengikuti kalender Hijriah atau perhitungan tanggal berdasarkan peredaran bulan.

Namun, dalam penentuan tanggal Ramadan dan Idulfitri selalu berubah jika mengikuti kalender Masehi atau peredaran matahari.

Sukses Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia, Shin Tae Yong Diam-diam Belajar Islam

Dalam perhitungan penentuan Ramadan dan idulfitri yang mengikuti peredaran bulan atau hijrah menyebabkan pada tahun 2030 nanti umat Islam akan merayakan bulan Ramadan dan Idulfitri sebanyak dua kali. Artinya dalam setahun Masehi ada dua kali Ramadan dan Idulfitri.

Berdasarkan pemaparan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dalam satu tahun artinya akan ada tiga perayaan hari raya umat Islam yakni dua kali bulan suci Ramadan dan Idulfitri serta satu kali Iduladha.

Pesona Benteng Indra Patra Saksi Bisu Kerajaan Hindu di Serambi Mekah

Fenomena ini sebetulnya bukan yang pertama kali terjadi. Pada tahun 2000 silam, umat muslim juga merayakan dua kali Ramadan dan Idulfitri.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi lapan.go.id, dua kali bulan suci Ramadan pernah terjadi pada tahun 1998 Ramadan 1418 dan 1419, Tahun 1999 Ramadan 1419 dan 1420 dan Tahun 2000 Ramadan 1420 dan 1421.

Halaman Selanjutnya
img_title