Melongok Teduhnya Ramadan dari Balik Jeruji Lapas Nunukan

Pesantren kilat Lapas Nunukan
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Semangat ibadah disaat bulan suci Ramadan juga dirasakan sejumlah warga binaan alias napi. Setidaknya itu terlihat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Nunukan

Petugas Gagalkan Aksi Mamah Muda Selundupkan Sabu di Lapas Cibinong, Begini Modusnya

Yup, meski berada di balik jeruji besi, namun nyatanya hal itu tak menyurutkan kekhusyuan sejumlah napi ini untuk mendekatkan diri pada Allah saat Ramadan. 

Bahkan, setiap pagi hari-nya, mereka rutin berkumpul di area Masjid Darut Taubah Lapas Nunukan sambil mengisi waktu dengan aktifitas pesantren kilat.

Pengakuan Abi Budi Saksi Kasus Vina Cirebon Sebelum Wafat: Mereka Tidak Ada Tampang Pembunuh

Program tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, seperti tadarus, tausiyah keagamaan hingga belajar Alquran dan pelaksanaan sholat Tarawih secara berjamaah pada malam hari. 

Kepala Lapas Kelas IIB Nunukan, Puang Dirham menjelaskan, kegiatan pesantren kilat Ramadhan ini dilaksanakan untuk mendekatkan diri kepada Allah, sehingga memberikan suasana yang penuh kedamaian.

Sudirman Terpidana Kasus Vina Cirebon Mendadak Sulit Ditemui Kuasa Hukum, Ada Apa?

"Kegiatan pesantren kilat di Lapas Nunukan ini diadakan secara rutin setiap bulan Ramadhan bekerjasama dengan MUI, Kemenag, dan ormas keagamaan lainnya dalam memberikan materi untuk para warga binaan," katanya dikutip pada Senin, 1 April 2024. 

Puang berharap, program ini bisa memberikan dampak positif bagi para warga binaan.

Halaman Selanjutnya
img_title