Fakta Dibalik Viral Kemunculan Gunung Baru di Grobogan Jateng Terungkap

Potret gundukan lumpur yang disebut gunung baru
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Jagat media sosial belum lama ini dihebohkan dengan kemunculan gundukan tanah yang disebut sebut gunung baru di Grobogan Jawa Tengah usai peristiwa gempa bumi di Bawean pada Jumat 22 Maret 2024 lalu akhirnya terkuak.

Kabar Timnas Uzbekistan Diduga Pakai Doping di Blacklist AFC dan FIFA Beredar Luas, Benarkah?

Kabar tersebut beredar luas di media sosial dengan narasi ViralUsai gempa bumi, Tiba-tiba Muncul Gunung Api aktif di tengah sawah, di Grobogan, Jawa Tengah.

Sontak hal tersebut mengundang spekulasi beragam dari netizen, bahkan gundukan tanah tersebut diduga terjadi karena lumpur Lapindo yang muncul ke permukaan usai gempa.

Pilu, Bocah Usia 6 Tahun di Bogor Nangis Minta Makan Karena Lapar Malah Dibentak dan Disiram Air

Terkait hal tersebut, Kepala Desa Grabagan Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah Eko Setyawan mengatakan bahwa pihaknya membenarkan adanya kemunculan gundukan tanah di wilayahnya itu.

Gundukan tanah tersebut muncul beberapa jam setelah gempa susulan berkekuatan 6,5 terjadi.

Curhatan Bung Towel Dserang Netizen Viral di Medsos, Apakah Shin Tae-yong Seorang Malaikat?

"Tadi pukul 16.00 WIB lumpur muntah dan melimpas. Saat ada gempa besar pasti muntah. Ibarat mangkok yang digoyang-goyangkan pasti tumpah," kata Eko kepada wartawan seperti dikutip belum lama ini.

Sementara itu, Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Muhammad Wafid A.N mengatakan, fenomena kemunculan gundukan lumpur di Grobogan, Jawa Tengah itu adalah gunung lumpur atau mud vulcano.

Halaman Selanjutnya
img_title