Harus Tetap Cantik Gunakan Pelembab Kulit saat Puasa di Tengah Musim Pancaroba

Pelembab.
Sumber :
  • Pixabay/chezbeate

SiapPuasa bukan berarti harus menurunkan kualitas kesehatan kulit atau berdandan tampil cantik di ruang publik. Kadar air yang cukup dalam kulit dapat mendukung produksi kolagen yang penting untuk menjaga kekencangan dan kelembutan kulit.

Subhanallah, 24 Orang Masuk Islam di Masjid Al Akbar Surabaya Saat Ramadan

Kepala Dokter sekaligus Co Founder Privee Clinic Almod Wibowo mengungkapkan moisturizer atau pelembap menjadi produk perawatan kulit yang penting untuk menjaga kelembapan kulit selama Ramadan.

Ia mengatakan, puasa terutama saat musim pancaroba membuat kulit sebagai organ terbesar yang membutuhkan kelembapan agar tetap sehat dan elastis.

Tahun 2030 Kemungkinan Umat Muslim akan Idulfitri Dua Kali?

"Kulit itu faktor utamanya adalah air, jadi kolagen bisa sehat kalau kadar airnya cukup," kata Almond seperti dikutip, Ahad, 24 Maret 2024.

Sehingga, lanjut Almod, terpenting adalah moisturizer dan kalau bisa memiliki lapisan agak kuat atau yang disebut ceramide dalam artian, kalau kena panas, air di kulit tidak menguap.

Jamin Pasokan Gas 3 Kg di Depok Aman, Hiswana Migas Hadirkan Pangkalan Siaga Jelang Lebaran

Ceramide merupakan kandungan yang tersapat dalam moisturizer untuk membantu menjaga agar kelembapan tetap terperangkap di dalam kulit, sehingga mencegah kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

Selama bulan puasa, kata ia, asupan cairan dan makanan berkurang membuat kulit cenderung menjadi lebih kering. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan moisturizer secara teratur untuk menjaga kelembapan kulit.

Halaman Selanjutnya
img_title