BMKG Waspadai 12 Wilayah Ini bakal Dilanda Cuaca Ekstrem

BMKG Peringati Adanya Potensi Cuaca Ekstrim
Sumber :
  • pixabay

Siap – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem seperti hujan petir dan angin kencang.

Breaking News! Gempa Mengguncang Pacitan, Gimana Kondisi Kampung Halaman SBY?

Dikutip dari laman resmi BMKG Sabtu, 16 Maret 2024, hujan diperkirakan turun di sejumlah wilayah di Indonesia dengan 12 daerah berstatus waspada akibat dampak hujan lebat yang ditimbulkan.

Adapun ke-12 daerah berstatus waspada itu meliputi Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Yogyakarta, Lampung. Selanjutnya, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Kalimantan Tengah, dan Papua.

Akhir Pekan BMKG Prediksi Cuaca DKI Jakarta, Berikut Wilayah Ibu Kota yang Bakal Diguyur Hujan

Peringatan dini dampak hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga berpotensi menyasar wilayah Bengkulu, Jawa Tengah, Sumatra Selatan, Lampung, Kalimantan Selatan, Banten, Sulawesi Tenggara, Jawa Barat dan NTB.

BMKG juga memprediksi potensi hujan disertai petir terjadi di Kepulauan Aru dan Kepulauan Tanibar pada sore hari. Sementara itu, Jambi, Banjarmasin, Palembang, Palangka Raya diperkirakan hujan sedang pada pagi hari.

Heboh Soal Informasi Ada Tsunami di Sumatera di Medsos, Begini Penjelasan BMKG

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta, mayoritas wilayah pada pagi hari akan mengalami berawan, kecuali Kepulauan Seribu yang mengalami hujan.

Pada siang hari, wilayah DKI Jakarta akan mengalami hujan ringan kecuali Jakarta Timur cerah berawan. Pada malam hari, wilayah DKI Jakarta diperkirakan serentak mengalami cuaca cerah berawan menuju kondisi berawan.