Waspada! BMKG Sebut DKI Jakarta Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem hingga Pekan Depan

Ilustrasi cuaca ekstrim di Jabodetabek dan prediksi BMKG
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut DKI Jakarta bakal dilanda cuaca ekstrem hingga Senin, 18 Maret 2024 pekan depan.

Akhir Pekan, BMKG Memprediksi 2 Wilayah DKI Jakarta Ini Bakal Diguyur Hujan Pada Siang Hari

Hal tersebut disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta yang melaporkan bahwa cuaca ekstrem itu berupa hujan badai.

"Berdasarkan siaran pers BMKG, hasil analisis terkini mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/angin kencang pada 14-18 Maret 2024 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji, Jumat, 15 Maret 2024.

BPBD DKI Jakarta Merilis Peringatan Dini untuk Mewaspadai Potensi Banjir Rob 8–12 Mei

Adapun kondisi terebut dipicu lantaran aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial masih terpantau, dan diprediksi aktif di wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Sementara, potensi hujan dengan intensitas hingga sedang dapat terjadi terutama di wilayah Kota Bogor, Kab. Bogor, Kota Tangerang, dan Kab. Tangerang.

Anggota DPRD Desak Dishub DKI Jakarta Gandeng Satpol PP Tertibkan Juru Parkir Liar

Penurunan potensi intensitas hujan di Jabodetabek akan terjadi mulai tanggal 17 Maret 2024. Perlu diwaspadai adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang sesaat di sebagian wilayah Jabodetabek utamanya pada sore hingga dini hari.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem," tandasnya.