Rahasia Di Balik Masuknya Demokrat Menuju Kabinet Pertanda Jokowi Cerai dari Megawati

AHY dan Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • Kompas tv

SiapPartai Demokrat, setelah 9 tahun berperan sebagai oposisi, akhirnya memasuki pemerintahan Presiden Joko Widodo

Para Ketua Umum Parpol KIM Bertemu Prabowo, AHY Bocorkan Isi Pembicaraannya

Pelantikan Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai Menteri Agraria dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pada Rabu (21/2/2024) menandai langkah monumental ini.

Kehadiran Demokrat dalam kabinet Jokowi dianggap sebagai tanda bahwa presiden sudah melepaskan pengaruh PDI Perjuangan dan Megawati Soekarnoputri. Adi Prayinto, Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, mengatakan.

Didukung Puluhan Anggota DPRD Kota Depok Tim Pemenangan Supian Suri bakal Beri Kejutan

 "Penunjukan AHY sebagai menteri mengindikasikan bahwa Jokowi tak perlu lagi berkomunikasi dengan PDI-P. Ini efek hubungan Jokowi dan PDI-P yang kian memburuk."

Keputusan Jokowi ini disoroti sebagai langkah politik yang menunjukkan kemandirian dari PDI-P dan Megawati. Hubungan Jokowi-Megawati semakin memburuk setelah penunjukan Gibran Rakabuming Raka, anak Jokowi, sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto.

Demokrat Tak Takut Berhadapan dengan Anies Sebut Punya Strategi Membungkamnya di Pilgub Jakarta

Pelantikan AHY dianggap sebagai langkah rekonsiliasi politik, memberikan kursi di kabinet untuk Demokrat setelah 9 tahun berada di luar pemerintahan. Adi menambahkan.

 "Sepertinya Jokowi ingin tunjukkan bahwa Jokowi tak ada persoalan dengan AHY, Demokrat, dan SBY selama ini, beda dengan PDI-P."

Halaman Selanjutnya
img_title