Prabowo-Gibran Dominasi TikTok: Jangan Kaget, Nih Datanya

Prabowo Gibran kuasai TikTok
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) mengungkapkan laporan terbaru terkait pergerakan media sosial yang mengarah pada pasangan capres cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

HUT Brimob Polri: Kapolri Instruksikan Brimob Terlibat Swasembada Pangan

Menurut laporan Puspenpol, Prabowo-Gibran berhasil memanfaatkan TikTok untuk mendominasi lanskap digital selama puncak debat Pilpres 2024.

Data tersebut menunjukan, Pilpres 2024 telah menandai era baru dalam kampanye politik di Indonesia, di mana dominasi platform media sosial, khususnya TikTok, memainkan peran kunci dalam mempengaruhi persepsi publik dan membangun dukungan untuk calon presiden.

Presiden ke-6 SBY Beri Uang Rp 10 Juta untuk Pengguna TikTok dengan Syarat Bagikan Video?

Analisis Puspenpol menunjukkan bahwa Prabowo memimpin dalam jumlah mention, total jangkauan, dan interaksi di TikTok, mencatatkan 1.529 mention dengan 34 persen bersifat positif, dan hanya 7 persen negatif. 

Hal ini menunjukkan efektivitas strategi digital dan pemanfaatan media sosialnya.

Terungkap, Ternyata Ini Profil Intan Srinita yang Viral di Medsos, Netizen: Oh Ini Toh Orangnya?

“Pada 4-5 Februari 2024, tepatnya saat debat capres dan pasca debat capres berlangsung, mention terkait semua paslon menunjukkan angka yang tinggi, namun jika kita lihat data klasifikasinya, Capres 02 terbesar ya, disusul Capres 01 di posisi kedua dan Capres 03 di posisi terakhir," kata Direktur Strategis Puspenpol, Adrian Zakhary dalam keterangan tertulisnya dikutip pada Rabu, 7 Februari 2024.

Menurut laporannya, Prabowo juga memimpin dalam konten User Generated Content (UGC) dengan 1.798.500 video. 

Halaman Selanjutnya
img_title