Arah Pemilih Pemula Soal Menentukan Pilihan di Pemilu 2024, Informasi Medsos Mendominasi

Potret ilustrasi pemilih pemula
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Menelisik potensi pemilih pemula dari kelompok generasi milenial atau Gen Z yang jumlahnya lebih dari 113 juta pemilih dan mendominasi dalam Pemilu 2014 karena mencapai 56,45 persen dari total keseluruhan.

Keluhkan 20 Tahun Depok Dipimpin Partai Penguasa PKB Yakin Supian Suri Dapat Hadirkan Perubahan

Seperti diketahui, menurut UU Pemilu Bab IV pasal 198 (Ayat 1), Pemilih Pemula adalah Warga Negara Indonesia yang pada hari pemungutan suara sudah genap berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah/pernah menikah, yang mempunyai hak memilih dan sebelumnya belum termasuk pemilih karena ketentuan Undang-Undang Pemilu.

Nah, dengan banyaknya jumlah tersebut, kira - kira kemana mereka akan menjatuhkan pilihan dalam Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari nanti?

Kantongi SK DPP PKB, Supian Suri Tegas Ingin Jadi Wali Kota Depok, Bukan Kelompok

Pasalnya, suara pemilih pemula atau yang saat ini lebih dikenal dengan Gen Z memiliki potensi besar dan menjadi incaran baik di Pilpres maupun Pileg untuk mendongkrak suara.  

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari beragam sumber, para pemilih pemula ini masih bimbang dalam menentukan pilihan dalam Pemilu 2024 mendatang. Ditengah kebimbangan tersebut, tak jarang mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan informasi dari berbagai platform media, terutama medsos. 

Bikin Merinding, Isi Chat Pegi Setiawan Terkuak, Dipikir Cuma Disangka Geng Motor, Ternyata...

Hal tersebut diungkapkan oleh Anto (17 tahun) pelajar asal Jakarta, Ia mengatakan bahwa baru kali pertama untuk menggunakan hak suara dalam pemilu tahun ini.

Kalau untuk Pileg, kata Anto, dirinya mengaku menimbang dari unsur kedekatan dan para calon itu sendiri, atau calon yang ia kenal saja.

Halaman Selanjutnya
img_title