Budiman Sudjatmiko Pernyataan JK Dinilai Tidak Relevan dalam Diplomasi Modern

Budiman sudjatmiko
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, menanggapi pernyataan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenai kepala negara yang ditonjok sebagai hal tidak relevan dalam diplomasi modern.

Projo Dijadwalkan akan Menggelar Kongres Pada Akhir Tahun , Bakal Jadi Partai dan Jokowi Ketum?

“Rupanya Pak JK tidak memahami bahwa tak pernah ada pemimpin negara yang tonjok-tonjokan di depan umum, atau bahkan ruang tertutup.” terang Budiman saat ditanya melalui sambungan seluler bersama wartawan siap viva

Menurut Budiman, pemimpin dunia, termasuk Amerika Serikat dan China, menunjukkan persaingan tapi tetap bersahabat dalam diplomasi mereka. 

Prabowo Singgung Media Mainstream yang Dimiliki Segelintir Orang Tanya Perspektifnya Condong Kemana

Ia menegaskan bahwa tindakan seperti itu tidak pernah terjadi dalam sejarah diplomasi sebelumnya.

"Bung Karno sering kali menggunakan kata 'sontoloyo' dalam pidatonya terhadap negara-negara barat, namun tidak pernah ada tindakan tonjok-menonjok dengan Presiden AS," ungkap Budiman.

Diundang sebagai Pembicara Qatar Economic Forum, Prabowo Ungkap Alasannya Jadi Presiden Indonesia

Budiman lebih lanjut menjelaskan bahwa pemimpin dunia saat ini cenderung mengedepankan sikap elegan dalam persaingan global. 

"Sikap elegan antar pemimpin negara sangat dihargai, karena pada akhirnya, yang dihargai adalah kekuatan dan daya tawar negara-negara yang mereka pimpin," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title