Pengamat Politik Qodari : Anies dan Ganjar Serang Prabowo Karena Perbedaan Paradigma Pertahanan

M qodari
Sumber :
  • Youtube total politik

Siap –Dalam debat capres 2024 yang digelar pada 7 Januari 2024, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dinilai menyerang Prabowo Subianto terkait isu pertahanan.

PKB Pertimbangkan Lebih Banyak Wakil Anies Cak Imin: Belum Memiliki Niat Memasangkan dengan Sohibul

 Pengamat politik M. Qodari menilai, serangan tersebut didasari oleh perbedaan paradigma pertahanan yang dianut oleh ketiga kandidat.

Qodari mengatakan, Anies dan Ganjar memiliki paradigma pertahanan yang lebih luas, yang tidak hanya mencakup aspek militer, tetapi juga aspek ekonomi, sosial, dan budaya. 

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

Sementara itu, Prabowo memiliki paradigma pertahanan yang lebih tradisional, yang lebih fokus pada aspek militer.

"Anies melihat pertahanan sebagai cara untuk membangun kekuatan Indonesia di kancah internasional. Sementara itu, Ganjar melihat pertahanan sebagai cara untuk menjaga kedaulatan dan kesejahteraan rakyat Indonesia," kata Qodari dalam kanal YouTube Total Politik.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Perbedaan paradigma ini terlihat dari pernyataan Anies dan Ganjar dalam debat. Anies mengkritik Prabowo karena tidak membuka data-data pertahanan Indonesia. 

Sementara itu, Ganjar mengkritik Prabowo karena tidak mampu mengatasi permasalahan pertahanan Indonesia, seperti ancaman terorisme dan pencurian ikan.

Halaman Selanjutnya
img_title