Catat! Istilah Dalam Dunia Perkeretaapian yang Harus Kamu Ketahui

Perjalanan kereta melibatkan banyak awak.
Sumber :
  • Istimewa

SiapKereta api adalah salah satu moda darat yang belakangan menjadi incaran para pelancong. Selain nyaman, melakukan perjalanan dengan berkereta juga memakan waktu yang cenderung lebih singkat dibanding menggunakan bus

Inalillahi, Kereta Pandalungan Anjlok di Sidoarjo!

Bagi kamu yang sering naik kereta api, tentu harus tahu beberapa istilah yang berhubungan dengannya. Mau tahu apa saja istilah itu?

Berikut beberapa istilah yang dirangkum dari buku Peraturan Dinas 16A; Dinas Lokomotif, Diesel Elektrik, dan Diesel Hidrolik.

Profil Julian, Masinis Kereta yang Posting Tentang Kematian Sebelum Kecelakaan Maut di Cicalengka

Lokomotif

 

Video Beberapa Jam Sebelum Kecelakaan Maut 2 Kereta di Cicalengka, Begini Aksi Heroik Masinis

Lokomotif yang menarik kereta atau gerbong.

Photo :
  • kabarpenumpang.com

 

Lokomotif adalah sarana kereta api yang memiliki penggerak sendiri, dan digunakan untuk menarik atau mendorong kereta, gerbong, dan peralatan khusus. Lokomotif bukan untuk mengangkut penumpang atau barang.

Kereta

 

Kereta.

Photo :
  • redigest.web.id/

 

Kereta adalah sarana kereta api yang ditarik atau didorong lokomotif. Kereta mempunyai penggerak sendiri yang digunakan untuk mengangkut orang atau bagasi.

Gerbong

 

Gerbong yang hanya untuk mengangkut barang.

Photo :
  • arsip76r.blogspot.com

 

Gerbong adalah sarana kereta api yang ditarik atau didorong lokomotif. Gerbong hanya digunakan untuk mengangkut barang atau hewan, bukan orang.

Kereta Api

 

Kereta api.

Photo :
  • wikimedia.org

 

Kereta api adalah sarana kereta api dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan sarana kereta api lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di jalan rel yang terkait dengan perjalanan kereta api.

Kepala Dipo Lokomotif

 

Dipo Lokomotif Jatinegara.

Photo :
  • Istimewa

 

Kepala Dipo Lokomotif (KDL) adalah seorang pejabat yang bertanggung jawab atas perawatan lokomotif untuk siap operasi guna dinas kereta api atau dinas langsir atau dinas cadangan.

PUL

 

Kereta api langsir.

Photo :
  • http://rfihnf.blogspot.com

 

Pul adalah sub unit di bawah Unit Pelaksana Teknis Dipo Lokomotif. Tugasnya melaksanakan penyiapan dan penyerahan lokomotif untuk dinas kereta api atau langsir. Pul juga menerima penyerahan lokomotif selesai dinas di wilayahnya.

PUK

 

Kereta Api Indonesia.

Photo :
  • pegipegi.com

 

Puk adalah sub unit di bawah Unit Pelaksana Teknis Dipo Kereta yang memiliki tugas melaksanakan pemeriksaan hrian dan perbaikan kereta atau KRL.

Selain itu, Puk juga bertugas mengatur dinas Tka, menyiapkan dan memeriksa rangkaian kereta atau KRL untuk dinas.

PUG

 

Kereta Api Indonesia masih menjadi moda transportasi primadona.

Photo :
  • pegipegi.com

 

Pug adalah sub unit di bawah Unit Pelaksana Teknis Dipo Gerbong yang memiliki tugas melaksanakan pemeriksaan harian dan perbaikan gerbong.

Awak Sarana Kereta Api

 

Awak Sarana Kereta Api.

Photo :
  • infonawacita.com

 

Awak Sarana Kereta Api adalah pegawai yang ditugaskan di dalam kereta api. Mereka itu terdiri dari masinis, asisten masinis, kondektur, teknisi kereta api, teknisi lokomotif, dan lainnya.

Masinis

 

Masinis kereta api.

Photo :
  • Istimewa

 

Masinis adalah pegawai yang bertugas mengoperasikan kereta api dari langsiran. Masinis juga merupakan pemimpin selama perjalanan kereta api.

Asisten Masinis

 

Awak Kereta Api.

Photo :
  • lampungpro.id

 

Asisten Masinis adalah pegawai yang bertugas membantu masinis dalam mengoperasikan kereta api dan langsiran.

Kondektur

 

Kondektur kereta api.

Photo :
  • wikimedia.org

 

Kondektur adalah pegawai yang bertugas membantu masinis dalam urusan perjalanan kereta api dan urusan langsir bilamana di stasiun tidak ada Juru Langsir.

Selain itu, Kondektur juga bertugas untuk memeriksa tiket kereta api dalam perjalanan.

Juru Langsir

 

Juru Langsir.

Photo :
  • Istimewa

 

Juru Langsir adalah seorang pegawai yang berhak melangsir atas perintah Ppka dalam urusan langsir di stasiun.

Petugas Lainnya

 

Perjalanan kereta melibatkan banyak awak.

Photo :
  • Istimewa

 

Teknisi Lokomotif adalah petugas perawatan lokomotif dan dapat sebagai trouble shooter dalam perjalanan kereta api bila diperlukan.

Teknis Kereta Api disebut juga TKA yang bertugas untuk mengoperasikan fasilitas sarana kereta api dan melakukan perbaikan ringan peralatan atau fasilitas sarana kereta api.

Kemudian yang disebut sebagai Urusan Perjalanan Kereta Api adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan dan perjalanan kereta api, demikian juga yang berhubungan dengan perjalanan lori.

Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) adalah pegawai yang mengatur dan melakukan segala tindakan untuk menjamin keselamatan dan ketertiban berikut segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan perjalanan kereta api dan langsir dalam batas stasiunnya untuk wilayah pengaturan setempat atau beberapa stasiun untuk wilayah pengaturan daerah.

Sementara Pengawas peron (PAP) adalah pembantu PPKA dalam melaksanakan pengaturan perjalanan kereta api dan langsiran, serta bertanggung jawab atas urusan administrasi perjalanan kereta api.

Kemudian urusan-urusan lainnya dipegang oleh masing-masing pemangkunya. Seperti JTL adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perawatan dan kehandalan lokomotif pusat.

JTK adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perawatan dan kehandalan kereta dan gerbong di pusat.

JPI adalah pejabat yang bertanggung jawab atas penjagaan aset prasarana (infrastructure assuts) di pusat.

JPR adalah pejabat yang bertanggung jawab atas penjagaan aset sarana (rolling stock assets) di pusat.

JTJ adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perawatan dan kehandalan jalan rel dan jembatan di pusat.

JOR adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perencanaan operasi dan dinas sarana di pusat.

JOP adalah pejabat yang bertanggung jawab atas pengendalian operasi dan dinas sarana di pusat.

JPTD adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perawatan dan keandalan sarana di daerah.

JPJD adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perawatan dan keandalan jalan rel dan jembatan di daerah.

JPOD adalah pejabat yang bertanggung jawab atas perencanaan dan pengendalian operasi kereta api di daerah.

JPAK adalah pejabat yang bertanggung jawab atas penugasan awak kereta api dan kondektur untuk dinas kereta api, langsiran, dan cadangan di stasiun awal pemberangkatan kereta api, atau di stasiun pergantian awak sarana kereta api.