Prabowo-Gibran Mendominasi Elektabilitas: Peluang Menang Satu Putaran Pilpres 2024 Terbuka Lebar

Debat capres
Sumber :
  • Viva.co.id

Siap –Direktur Program Nusantara Strategic Network (NSN) Huslidar Riandi menyatakan bahwa pasangan calon presiden-calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran. 

Terseret Kasus Asusila Berikut 5 Kontroversial Hasyim Asy'ari Ketika Menjabat Menjadi Ketua KPU

Menurut hasil survei NSN, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 50,8 persen, mengukuhkan posisinya di atas 50 persen dan membuatnya kokoh sebagai kandidat potensial untuk meraih kemenangan sejak didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) tiga bulan lalu.

Riandi menekankan bahwa dukungan terhadap Prabowo-Gibran semakin menguat, dengan elektabilitas mereka naik dari 44,5 persen menjadi 50,3 persen dalam satu bulan. Angka ini bahkan melebihi syarat pilpres untuk berlangsung dalam satu putaran.

PKB Pertimbangkan Lebih Banyak Wakil Anies Cak Imin: Belum Memiliki Niat Memasangkan dengan Sohibul

Dalam kontestasi yang ketat, pasangan Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan elektabilitas 22,3 persen, unggul tipis dari Ganjar-Mahfud yang meraih 21,4 persen. Sebanyak 5,5 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak jawab.

Riandi menjelaskan bahwa keputusan memasangkan Prabowo dengan Gibran, putra sulung Presiden Joko Widodo, memberikan dampak elektoral yang signifikan.

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

Kehadiran Gibran dalam Pilpres 2024 membawa arah dukungan Jokowi yang semula samar-samar menjadi lebih tegas, mempengaruhi migrasi pemilih dari Ganjar-Mahfud ke Prabowo-Gibran.

Pendukung Jokowi yang awalnya ragu-ragu kini secara hampir bulat mengalihkan dukungannya ke Prabowo-Gibran, terutama setelah debat tahap pertama dan debat cawapres yang mempertegas komitmen mereka terhadap keberlanjutan program-program Jokowi.

Halaman Selanjutnya
img_title