Prasasti Padang Roco: Jejak Persahabatan Dharmasraya dan Singasari Terungkap!

Prasasti padang koco
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Peninggalan bersejarah, Prasasti Padang Roco, mengungkapkan kisah mendalam tentang hubungan akrab antara Kerajaan Dharmasraya di Sumatera Barat dan Kerajaan Singasari di Jawa Timur. 

Sejarah Baru Tercipta Saat Arsenal Permalukan Tottenham Hotspur

Ditemukan pada 1911 di kompleks percandian Padangroco, prasasti ini menjadi saksi bisu dari hadiah istimewa Raja Singasari kepada Dharmasraya pada tahun Saka 1208. 

Prasasti berbentuk balok ini tidak hanya memuat empat baris aksara Kawi dalam bahasa Melayu Kuno dan Sanskerta, tetapi juga mengungkapkan perjalanan arca Amoghapasa dari Bhumi Jawa ke Swarnnabhumi (Sumatera). 

Vokalis RHCP Kepergok Liburan di Pulau Mentawai, Mayoritas Penduduknya Beragama Ini

Hadiah tersebut merupakan tanda persahabatan antara Raja Kertanegara dan Sri Maharaja Srimat Tribhuwanaraja Mauliwarmmadewa.

Informasi dari Prasasti Padang Roco menegaskan klaim sejarah China tentang hubungan Dharmasraya dengan kerajaan-kerajaan di Asia Tenggara, termasuk Singasari. 

Jejak Sejarah Tahu Sumedang, Camilan Ringan Rasa Nendang

Tahun 1208 Saka menjadi titik fokus, di mana arca Amogaphasa tiba di Dharmasraya, menandai ikatan erat di antara kedua kerajaan.

Pemberian hadiah ini diduga terkait dengan Ekspedisi Pamalayu, strategi Raja Kertanegara untuk menjadikan Sumatera benteng pertahanan melawan bangsa Mongol.

Halaman Selanjutnya
img_title