Dibalik Angka Rendah Dana Kampanye Anies-Cak Imin: Gerakan Patungan Rakyat yang Membuat Beda

Anies baswedan
Sumber :
  • Viva.co.id

Siap –Calon presiden (capres) nomor urut 1 dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, membagikan rahasia sukses kampanyenya dengan membocorkan sumber dana kampanye AMIN (Anies-Cak IMIn). 

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

Anies mengakui bahwa meskipun dana kampanye miliknya terbilang minimal, namun tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat yang mendukung turut serta membantu lewat patungan.

Sebagai pasangan dengan dana kampanye sebesar Rp1 miliar, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, atau yang akrab disapa Cak Imin, mengakui bahwa keberhasilan mereka tidak lepas dari dukungan rakyat yang patungan. Anies menyampaikan harapannya.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

"Mudah-mudahan ini memang di mana-mana, teman-teman bergerak patungan."

Gerakan patungan ini, menurut Anies, bukan semata-mata inisiatif dari tim kampanye, melainkan merupakan partisipasi aktif dari rakyat pendukung. 

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

"Patungan betul-betul iuran di mana-mana, jadi ini lah gerakan rakyat dan kalau teman-teman perhatikan ada banyak sekali warga yang menyiapkan spanduk sendiri, menyiapkan baliho sendiri, dan itu yang membuat kami makin bersemangat bahwa ini bukan top down, tapi ini adalah gerakan yang melibatkan seluruh rakyat," ujar Anies.

Seiring dengan pengakuan tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merilis laporan dana kampanye para calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title