Dituding Lakukan Penistaan Agama, Ini Kata MUI Soal Pernyataan Kontroversial Zulhas

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas)
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Pernyataan kontroversial Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) soal bacaan dalam shalat dan tahiyat akhir yang viral di sosial media menuai reaksi keras dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kiai Muhyiddin Junaidi mengatakan bahwa candaan tentang salat yang dilakukan Ketua Umum Partai PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) bisa disebut sebagai penistaan agama.

Karena kata Kiai Muhyiddin, dalam video tersebut Zulhas menggambarkan kelompok yang tidak berani melafalkan 'Amin' saat salat lantaran terpengaruh fanatisme terhadap salah satu paslon capres-cawapres.

Gegara Ini, Primus Marah saat Rapat di Gedung DPR: Semoga Secepatnya Ditangkap KPK

Zulhas juga menyebutkan ada yang tidak berani menggunakan telunjuk jari ketika pembacaan tahiyat, lantaran cinta terhadap salah satu paslon.

Karenanya, pernyataan tersebut diduga sebagai upaya melecehkan agama demi kepentingan politik.

PAN Beri Lampu Hijau Pasangan Supian Suri-Intan Fauzi dalam Pilkada Depok, SK Akan Diberikan di Bali

"Dilihat dari aspek hukum, sudah masuk dalam kategori penistaan agama dan bagian dari upaya memperolok serta mempermainkan agama," ujar Kiai Muhyiddin dalam persnya, seperti dikutip Rabu 20 Desember 2023.

Lebih lanjut, Kiai Muhyiddin mengatakan bahwa dirinya meminta MUI untuk segera memanggil Zulhas guna memberikan klarifikasi terkait pernyataannya.

Halaman Selanjutnya
img_title