Kontroversi Pernyataan Zulkifli Hasan: Kyai Gufron Kritik Penggunaan Agama dalam Politik Praktis

Mendag Zulhas
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber tvonenews.com

Siap –Pernyataan kontroversial Menteri Perdagangan dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, mengenai bacaan dan gerakan shalat menjadi sorotan tajam, khususnya dari Ketua Umum Relawan Rumah Ganjar-Mahfud (RAGAM), KH Ahmad Gufron, atau yang akrab disapa Kyai Gufron.

Gus Muwafik Jengkel Rhoma Irama Diolok-olok: Dia Menghidupi Banyak Orang

Kyai Gufron menilai Zulkifli Hasan telah melecehkan ajaran Islam dengan menggambarkan tatanan shalat secara plesetan dalam sebuah video. 

Dalam keterangan tertulis, Kyai Gufron menyatakan bahwa tidak elok jika agama dijadikan bahan politik praktis dan menyerukan agar Zulkifli Hasan meminta maaf secara terbuka kepada umat Islam.

Ikut Pilihan Ulama, Muslimat NU Doakan Supian Suri Jadi Wali Kota Depok: Bukan Wali Kota Kelompok

Menurut Kyai Gufron, Zulkifli Hasan seharusnya tidak memperagakan tatanan shalat dengan candaan yang dapat menyinggung umat Islam. 

Tokoh Nahdlatul Ulama ini menekankan pentingnya membedakan antara bercanda dan membawa agama ke ranah politik praktis, mengingat sensitivitas isu tersebut.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Sebelumnya, potongan video Zulkifli Hasan mengenai doa dan gerakan tahiyat dalam shalat viral di media sosial.

"Saya keliling daerah Pak, anu..., Pak Kyai, Pak Kyai Toha, di sini aman di sini Jakarta gak ada masalah, yang jauh-jauh ada lho yang berubah. Jadi kalau shalat Maghrib baca Al-Fatihah 'Wa laddalin..., Al-Fatihah baca 'waladholin.., ada yang diem sekarang, Pak, ada yang diem sekarang, ada Pak, sekarang diem. Ada yang diem sekarang banyak, saking cintanya sama Pak Prabowo itu.

Halaman Selanjutnya
img_title