Terungkap! Ini yang Bikin Prabowo Cocok dengan Jokowi

Potret Paslon Prabowo-Gibran
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto mengatakan, pihaknya ingin melakukan hilirisasi di setiap sektor perekonomian. Menurutnya ini sejalan dengan prinsip Presiden Jokowi untuk menjadikan Indonesia bangsa yang tangguh.

Polemik Judi Online, Menkominfo hingga Wulan Guritno Jadi Sorotan

"Beliau (Jokowi) sampaikan, berapa kali, kalau kita tidak hilirisasi tidak mungkin rakyat kita makmur. Tidak mungkin Indonesia menjadi negara kuat, beliau katakan berkali kali," katanya dikutip pada Selasa, 12 Desember 2023.

Menurut Prabowo, banyak negara lain yang khawatir ketika Indonesia melakukan hilirisasi. Itu lantaran secara umum, negara-negara tersebut ingin membeli produk-produk alam Indonesia dengan harga yang lebih murah.

Pede Tantang Petahana Depok, Elektabilitas Supian Suri Tembus 50 Persen

"Mereka maunya mereka ambil barang kita murah, kemudian bahan kita diolah, kemudian dijual puluhan kali (dari harga) milik kita. Pak Jokowi tegas, tidak mau lagi jual barang barang kita murah," jelasnya.

Mantan Danjen Kopassus itu menegaskan, bahwa hilirisasi industri pertambangan mungkin bisa dilakukan di Indonesia, begitu juga dengan sektor kehutanan, perikanan, dan pertanian.

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

"Kita tidak mau menjual kekayaan kita murah lagi, puluhan pabrik harus dibangun di Indonesia. Kita tidak mau jadi bangsa UMR (upah minimum regional), kita mau jadi negara yang maju negara yang makmur, anak anak kita harus hidup terhormat," tegasnya.

Prabowo mengakui, dalam hal strategi hilirisasi, dia sependapat dengan Jokowi. Menurutnya, untuk mencapai hilirisasi di segala bidang, ia dan Jokowi mempunyai kesamaan ideologi.

Halaman Selanjutnya
img_title