Format Debat Capres 2024 Berubah Jadi Trending Topik di Medsos, Ada Apa dengan KPU?

Potret ilustrasi kantor KPU RI
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengubah format Debat Capres pada gelaran Pilpres 2024 yang terkesan meniadakan debat khusus Cawapres jadi trending topik di media sosial.

Profil Siti Mutmainah, Istri Hasyim Asy'ari Ketua KPU yang Dipecat Atas Asusila Profesinya Dosen

Bahkan di media sosial X tagar #cawapres sudah mencapai 50 ribu lebih postingan dan membuat diskusi tentang perubahan format debat Capres makin panas.

Dengan perbedaan konsep pada Pilpres 2019, yang di mana selain ada dua kali debat khusus capres dan sekali debat yang dihadiri capres-cawapres bersamaan, terdapat juga sekali acara debat khusus cawapres semakin membuat liar isu menjelang pemilu 2024.

Begini Isi Chat Cabul dan Rayuan Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari Kepada Korban yang Dibeberkan DKPP

Seperti diketahui, sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengubah format debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) berbeda dari pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Pada Pilpres 2019, lima kali debat capres-cawapres digelar dengan komposisi satu kali debat khusus cawapres, dua kali khusus capres, dan dua kali dihadiri capres-cawapres.

Terseret Kasus Asusila Berikut 5 Kontroversial Hasyim Asy'ari Ketika Menjabat Menjadi Ketua KPU

Pada Pilpres 2024, sesuai UU Pemilu, ada tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres.

Kemudian, pada Pemilu 2024, Cawapres turut mendampingi pasangannya saat debat capres. Demikian halnya saat debat cawapres.

Halaman Selanjutnya
img_title