Provinsi DKI Jakarta Puncaki Angka Kasus Cacar Monyet di Indonesia: Kemenkes RI Ungkap Data Terbaru

Kemenkes
Sumber :
  • Tvonenews

Siap –Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) secara resmi mengumumkan bahwa Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menjadi episentrum kasus cacar monyet (monkeypox/Mpox) di Tanah Air. 

Anggota DPRD Desak Pemprov Perbanyak CCTV di Kawasan Rawan Kriminalitas

Hingga Rabu, 22 November 2023, sebanyak 57 kasus cacar monyet telah terkonfirmasi, dan yang mencolok, sebanyak 42 kasus berasal dari DKI Jakarta.

Achmad Farchanny Tri Adryanto, Direktur Surveilans Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, menyampaikan informasi ini melalui konferensi pers daring yang dilaksanakan via Zoom pada Kamis, 23 November 2023. 

Mengabadikan Ketidakadilan pada Pandemic Agreement

"Dari total 57 kasus konfirmasi monkeypox, Provinsi DKI Jakarta menjadi yang terbanyak dengan 42 kasus konfirmasi," ungkap Farchanny.

Selain DKI Jakarta, beberapa provinsi lain juga melaporkan kasus cacar monyet. Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat (Jabar) menempati posisi kedua dan ketiga dengan masing-masing enam kasus konfirmasi.

Anggota DPRD Desak Pemerintah Terapkan Study Tour di Dalam Kota

Jawa Timur (Jatim) dan Kepulauan Riau (Kepri) juga tercatat memiliki kasus, masing-masing dua dan satu kasus.

Menariknya, dari total 57 kasus, 33 orang telah dinyatakan sembuh, memberikan sedikit harapan di tengah kekhawatiran akibat penyebaran penyakit ini.

Halaman Selanjutnya
img_title