Dibalik Istilah Negara Wakanda dan Konoha: Anies Dorong Kebebasan Berbicara dalam Dialog Terbuka

Bacapres anies baswedan
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, mengungkapkan keprihatinannya terhadap penurunan kebebasan berdemokrasi dalam dialog terbuka di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Rabu 22 November 2023.

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

Menurut Anies, kritik adalah elemen penting dalam suatu pemerintahan karena dapat mencerdaskan masyarakat dan memaksa pembuat kebijakan untuk selalu mengkaji solusi terbaik.

"Dalam keadaan kritik yang mati atau dimatikan, kebijakan mengalami penurunan kualitasnya. Kami melihat kebebasan sebagai kunci untuk memperbaiki hal ini," tegas Anies.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Lebih lanjut, Anies juga menyoroti kebebasan menyebutkan nama Indonesia tanpa rasa takut.

Dia menekankan agar tidak menggunakan istilah-istilah seperti Wakanda atau Konoha hanya karena takut terkena undang-undang ITE.

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

"Jangan sampai kita takut menyebutkan nama Indonesia. InshaAllah, undang-undang yang membelenggu kebebasan akan direvisi ke depan," tambahnya.

Anies tidak hanya mengangkat isu kebebasan berbicara, tetapi juga mengingatkan pentingnya mengembalikan kewibawaan bernegara dengan menjaga prinsip-prinsip etika politik yang akhir-akhir ini mengalami erosi.

Halaman Selanjutnya
img_title