Terungkap! Rupanya Ini 'Kode' Anggota BPK Tilep Duit Korupsi Kepala Daerah

Ilustrasi OTT KPK terhadap anggota BPK di Sorong
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Tim penyidik KPK berhasil melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Pj Bupati Sorong, dan Yan Piet Mosso alias YPM, dan beberapa anggota Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK.

KPK Lelang Ruko Hasil Korupsi Eks Wakil Rektor UI di Depok, Segini Nilainya

Tercatat, ada 10 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji berupa suap, dalam rangka mengatur temuan pemeriksaan BPK di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

"Ini berhasil kami ungkap dengan adanya kepercayaan masyarakat yang melaporkan kepada KPK terkait dugaan tindak pidana korupsi dengan dilengkapi informasi dan bahan yang dipercaya," kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangan persnya pada Selasa, 14 November 2023.

Wakil Ketua KPK Akui Gagal Berantas Korupsi, Ini Sederet Pemicunya

Berbekal laporan itu, kemudian KPK melakukan pengumpulan tambahan berbagai informasi dan keterangan lanjutkan, hingga berproses pada tahap penyelidikan dalam upaya menemukan adanya suatu peristiwa pidana.

Hal itu, kata Firli, penting untuk mendapatkan bukti permulaan yang cukup, guna menentukan kasusnya ke tahap penyidikan.

Intip Harta Eks Bupati Kutai Barat, Napi Korupsi yang Cuma Dihukum Tahanan Kota

Selajutnya KPK meningkatkan status perkara tersebut ke tahap penyidikan dengan menetapkan dan mengumumkan para tersangka. Mereka masing-masing berinisial:

1 YS selaku Kepala BKAD BPKAD Kabuputen Sorong.

Halaman Selanjutnya
img_title